5 Software Edit Video Enteng di Laptop

Sep 24, 2020 Software editing video

Kebutuhan manusia dalam mengedit video kian berkembang setiap masanya, namun keputusan untuk membeli laptop untuk keperluan mengedit sering memerlukan pertimbangan yang besar. Beberapa spesifikasi laptop juga sering menjadi masalah bagi kebutuhan penggunaannya. Seperti salah satunya spesifikasi pendukung laptop yang terlalu ringan sehingga cukup sulit untuk dipakai dalam penggunaan aktivitas di laptop. Hal ini sering menimbulkan permasalahan yang membingungkan, apakah ada  software untuk mengedit video yang dapat diinstal pada laptop dengan kriteria tersebut? Karena biasanya spesifikasi mengedit video membutuhkan laptop dengan spesifikasi tertentu yang mumpuni untuk dapat menggunakannya. 

Tapi anda tidak perlu kuatir, ternyata tidak semua software edit video hanya bisa diinstal pada laptop tertentu yang dianggap cukup canggih. Terdapat 5 jenis software yang dapat digunakan untuk mengedit video bagi laptop dengan spesifikasi yang dapat dibilang ringan. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa aplikasi dengan ukuran berat dapat memberi fitur yang lebih kompleks dan lengkap untuk dapat mengerjakannya. Sehingga pilihan untuk menggunakan laptop dengan jenis yang tinggi menjadi suatu hal yang diutamakan oleh banyak orang dalam bekerja menggunakan laptop.

Untuk dapat mengetahui jenis software apa saja yang dapat dikerjakan dengan menggunakan laptop berspek ringan, mari kita simak pembahasan artikelnya di bawah ini. Selamat membaca dan semoga informasi yang disampaikan bermanfaat ya. Diharapkan wawasan anda bisa berkembang oleh karena informasi yang disampaikan di artikel ini.

Shotcut 

Salah satu aplikasi yang paling banyak diminati contohnya Shotcut. Pada mulanya software editor video gratis ini yang hanya dapat digunakan pada OS jenis Linux. Namun di masa kini OS populer seperti Windows dan Mac juga dapat menginstalnya. Bahkan aplikasi ini bisa digunakan pada Windows 7 sebagai jenis OS yang terbaru. Meskipun interface dari aplikasi Shortcut sedikit berbeda dibanding dengan aplikasi editing video pada umumnya, namun fitur dari aplikasi ini dapat dibilang sangat bermanfaat. Sistem untuk menggunakan aplikasi ini pun sangat mudah dan sederhana, seperti contohnya saat proses drag file dari media untuk diimpor ke bagian timeline langkah kerja.

Fitur andalan dari Shotcut adalah dengan banyak pilihan filter yang dapat diterapkan ke bagian audio dan video yang sedang digarap. Setelah menambahkan, anda juga dapat melapisi dan merancangnya dengan lebih kustom lagi dengan aneka filter sehingga mencapai efek tepat dan sesuai dengan gambaran yang diinginkan. Jika kamu sudah terbiasa dengan Shotcut, nantinya anda akan mengetahui alasan mengapa software ini sangat banyak diminati aneka kalangan.

VSDC

Aplikasi editing video yang satu ini terkenal sebagai salah satu jenis aplikasi video editing yang jadul. Sistem cara dalam perangkat lunak ini mengedit video menggunakan sistem non-linear yang dapat bersaing dengan aneka macam software lain, bahkan sekalipun jenis yang lebih mahal. Spesifikasi laptop yang dapat menerima software ini seperti yang kategorinya memiliki RAM 4 GB. Aplikasi ini menjadi jenis yang cukup diunggulkan bagi kalangan para kalangan pengedit video.

Aplikasi VSDC ini juga memiliki fitur terbarunya, dimana tema yang diangkat bernuansa gelap dan sangat ideal untuk aktivitas mengedit dengan menggunakan lebih dari dua monitor. Aplikasi ini mendukung banyak macam fitur pengeditan seperti menerapkan fitur transisi, menggunakan animasi, memberi tanda watermark pada tayangan video, proses blending, overlaying serta masking. Salah satu fitur keunggulannya seperti jenis menstabilkan video yang kurang steady, dimana aplikasi ini menyediakan fitur yang meningkatkan video menjadi lebih tahan goyangan saat direkam menggunakan perangkat smartphone.

VideoPad 

Software editing video yang satu ini jenisnya cukup sederhana. Dimana sering digunakan oleh banyak kalangan pemula yang belum memiliki banyak pengalaman seputar mengedit video. Maka anda tidak perlu kuatir jika ingin menggunakan aplikasi editing yang satu ini. Software VideoPad juga akan lebih cocok digunakan pada tipe laptop dengan tipe 32 bit. Untuk kategori jenis gratisnya juga memiliki kesamaan dengan aplikasi VSDC, yang hanya dapat mengekspor kategori jenis file menjadi jenis tertentu yang terbatas yaitu hanya ke 2 jenis file saja. Namun sistemnya sederhana, sehingga dapat dengan mudah dipelajari sendiri secara otodidak.

Aplikasi ini akan sangat baik untuk digunakan bagi anda yang sedang dalam metode untuk mempelajari mengedit video. Dengan tampilan interface yang sederhana, banyak orang baik itu orang baru sekalipun dapat mempelajarinya secara cepat. Proses pengeditan dapat dikerjakan secara mudah seperti dengan aktivitas drag dan drop. Aplikasi ini juga memiliki banyak macam transisi seperti memberi efek, transisi serta aneka fitur. Bahkan untuk membuat tampilan video menjadi lebih terlihat detail seperti layaknya karya profesional, audio bisa direkam sesuai dengan keinginan masing-masing penggunanya.

Filmora

Aplikasi yang satu ini merupakan sebuah software untuk mengedit video yang cukup populer. Banyak penggunanya dapat lebih berkonsentrasi saat sedang mengedit menggunakan aplikasi ini. Aplikasi FIlmora juga menyediakan fitur yang mendukung pengeditan untuk video jenis 4K. Aneka tools tersedia untuk mengedit video maupun audionya dalam proses pengeditan, sehingga para kreatornya bisa lebih berkreasi dengan banyak macam cara. Dalam software ini anda bahkan dapat menggunakan fitur overlay, menambah bagian audio, membuat bentuk animasi, juga menyisipkan teks ke dalam video tersebut. Lebih menariknya lagi, anda dapat menghapus noise yang terjadi dalam suara di video. Sehingga keseluruhan video menjadi lebih tampak seperti kualitas profesional dengan suara yang jernih.

Movavi Video Editor

Aplikasi terakhir yang akan dibahas ini menjadi program editing yang kuat. Software ini masih dapat digunakan di OS jenis Windows. Software ini bahkan dapat dengan mudah digunakan untuk memotong dan menggabungkan klip dari bagian sebuah video lain menjadi suatu kesatuan baru dengan mempertahankan kualitasnya. Lebih menariknya lagi video baru tersebut dapat ditambahkan fiturnya menggunakan aneka efek, filter, tambahan musik, teks, serta aneka macam opsi menarik lainnya.

Aplikasi Movavi ini bahkan cukup disukai banyak orang karena aneka fiturnya yang beragam dan cukup memudahkan proses mengedit video. Tampilan interfacenya dirancang dengan baik dan dilengkapi dengan aneka cara untuk mengontrol aneka bentuk hasil yang dirancang dari video tersebut. Itulah gambaran dari 5 macam software pengedit video yang ringan untuk digunakan di laptop dan banyak yang cukup mudah. Semoga informasi yang disampaikan ini membantu dan memberi wawasan kepada anda ya.